Tips Memilih Web Hosting yang Keren dan Cepat

Pada dasarnya, hosting adalah tempat penyimpanan seluruh data website yang diperlukan. Jadi, hosting ini seperti rumah yang menyediakan berbagai fasilitas bagi website. Jadi, penting untuk memilih hosting terbaik. Tips memilih hosting tersebut akan dijabarkan dalam artikel ini.

Ada berbagai jenis hosting yang disediakan oleh banyak penyedia layanan ini. Namun, Anda perlu mempertimbangkannya dengan matang agar tidak salah pilih layanan. Jika begitu, akibatnya website tidak akan berjalan optimal dan ini akan mengganggu bisnis Anda.

Apa Ciri-ciri Web Hosting Terbaik?

Di bawah ini yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting yang berkualitas. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari web hosting terbaik. Web hosting terbaik akan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan website Anda.

  • Kecepatan: hosting yang baik akan membuat website cepat dalam melakukan berbagai pengaturan sepert plugin optimasi, bandwidth, dsb.
  • Keamanan: hosting terbaik akan memberikan keamanan yang optimal. Hal ini akan membuat website Anda terjamin dari berbagai virus atau usaha hacker untuk masuk ke server.
  • Bantuan tim layanan: cari tahu layanan support yang diberikan penyedia hosting.
  • Skalabilitas: Web hosting terbaik juga akan menyediakan skalabilitas server sehingga memungkinkan website bisa bekermbang. Contohnya bisa melakukan upgrade sistem dan penyimpanan.

Tips Memilih Hosting Terbaik dari Penyedia Layanan

Di bawah ini yang harus diperhatikan dalam memilih domain dan hosting yang baik adalah sebagai berikut:

1. Cek Kualitas Performa Server

Tips memilih hosting yang pertama adalah mengecek kualitas performa server. Performa server ini adalah hal yang utama untuk berkembangnya website.

Website yang memiliki performa menurun menyebabkan sering mengalami down atau loading lambat sehingga banyak pengunjung yang akhirnya akan beralih ke situs lainnya.

Oleh sebab itu, pilihlah server yang memiliki performa bagus agar kecepatan website menjadi optimal walau sedang banyak pengunjung. Anda juga harus memperhatikan dimana lokasi server berada.

Misalnya, untuk website orang Indonesia maka pilihlah server yang berasal dari negara yang sama. Periksa juga spesifikasi server secara detail.

2. Perhatikan Fitur Tambahan yang Ditawarkan

Setiap layanan hosting biasanya memiliki fitur tambahan yang diberi oleh penyedia hosting. Dari fitur tambahan tersebut, perhatikan apakah fitur tersebut berguna bagi Anda. Akan lebih baik jika fitur tersebut memiliki layanan proteksi dan keamanan.

Untuk mengetahui fungsi dari masing-masing fitur tersebut, Anda bisa menanyakannya langsung kepada penyedia layanan hosting.

3. Cek Review Pelanggan

Tips memilih hosting selanjutnya adalah melihat review dari pelanggan. Ini akan berguna untuk memberikan masukan mengenai hosting jenis apa yang akan Anda gunakan. Cobalah untuk melihat review dari blog lain, forum terpercaya, media sosial, dsb.

Baik dan buruknya dari penyedia layanan hosting tersebut perlu dipertimbangkan. Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan akan mengambilnya atau tidak.

4. Cek Harga Paketnya

Hal penting dari memilih server tentu saja adalah mengecek harga paketnya. Hal ini penting agar Anda bisa menggunakan layanan server terbaik dengan harga yang sesuai.

Jadi, harga paket bisa menjadi pertimbangan agar Anda tidak banyak mengeluarkan modal. Bandingkan dengan layanan hosting lain. Namun, pastikan jenis hosting server tersebut sesuai atau tidak.

Semakin mahal, biasanya layanannya akan semakin baik. Misalnya untuk jenis dedicated hosting memiliki server yang dikhususkan untuk satu orang sehingga bebas dan leluasa mengontrolnya.

Namun, cocokkan juga dengan kebutuhan Anda karena tidak harus membeli server mahal untuk mendapatkan layanan yang tepat.

5. Cek Kebijakan Garansi Uang Kembali

Layanan garansi uang kembali akan memberikan Anda keamanan dan meminimalisir dari risiko penipuan. Penyedia layanan hosting yang sudah profesional akan memberikan pelayanan maksimal kepada customernya agar merasa terpuaskan.

Setiap garansi memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Anda perlu membacanya bagaimana cara mendapatkan garansi dan kebijakan lainnya. Jika masih belum jelas, bisa ditanyakan kepada customer service dari penyedia layanan untuk mendapatkan jawaban pasti.

Dengan adanya garansi ini, pelanggan akan merasa jauh lebih aman dan ini akan meningkatkan kepercayaan kepada penyedia hosting.

6. Pastikan Customer Support Siap 24 Jam dan Berkualitas

Tips memilih hosting yang terakhir yaitu pastikan pelayanan Customer Supportnya buka 24 jam. Hal ini penting agar menunjukkan bahwa penyedia hosting memang benar-benar memberikan layanan terbaik untuk customernya.

Anda bisa bertanya kapanpun dan memberikan keluhan jika mengalami kendala. Respon yang cepat dari admin akan membuat Anda merasa terbantu. Jika tidak bisa 24 jam dan pelayanan lambat, ini akan menyulitkan ketika ada masalah teknis di website.

Anda tentu akan kebingungan mencari solusinya dan ini menjadi permasalahan yang mengganggu. Selain itu, pastikan juga untuk mencari yang memiliki banyak alat komunikasi yang bisa dihubungi.

Bisa dari email, panggilan telepon, media sosial, dsb sehingga Anda bisa memilih alternatif lain apabila tidak ada tanggapan dari salah satu alat komunikasi tersebut.

Penutup

Itulah tips memilih hosting yang berkualitas dari layanan penyedia yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan web hosting Indonesia dari Niagahoster karena sudah terbukti kualitasnya dan memiliki semua ciri-ciri di atas.

Kang Rendra

Penyuka Mac dan Android bergelar S.E yang suka sekali dengan IT, sekarang tersesat didunia digital marketing.

Tinggalkan komentar