ID Outlet Telkomsel dan Cara Aktivasinya. Bagi yang sering gonta-ganti kartu perdana tapi ogah registrasi kartu menggunakan nomor NIK dan nomor KK, pasti tau yang namanya ID Outlet. Sesuai dengan peraturan pemerintah, setiap kartu perdana baru harus didaftarkan menggunakan nomor NIK dan nomor KK.

Sayangnya, tidak semua orang senang dengan peraturan ini. Justru sebaliknya banyak yang merasa ribet. Tapi karena sudah peraturan, mau tidak mau harus dilakukan.

Nah, sekarang ini untuk setiap kartu perdana baru juga diharuskan memasukkan kode outlet penjual atau ID outlet. Biasanya akan muncul SMS notifikasi saat kartu sim dipasang.

Bagi kalian pengguna kartu Telkomsel, kali ini kami akan membagikan ID Outlet Telkomsel dan cara aktivasinya.

Khusus bagi kalian yang belum benar-benar paham caranya, silakan simak artikel ini sampai selesai supaya tidak kebingungan nantinya.

Apa itu ID Outlet Telkomsel?

Jika dulu setiap kali kita membeli kartu perdana, kita tidak harus mendaftarkan kartu perdana kita dengan menyertai nomor KK dan NIK. Selain itu, juga tidak ada namanya registrasi ID outlet.

Namun berbeda dengan sekarang, semua prosedur tersebut harus dilakukan karena kalau tidak, kartu perdana kamu tidak akan bisa digunakan.

ID Outlet adalah sederetan angka maupun campuran antara angka dan huruf yang merupakan kode identitas konter atau penjual kartu perdana.

Kode ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat kartu perdana bisa digunakan. Maka dari itu setiap kamu membeli kartu perdana baru, baik itu Telkomsel atau lainnya, kamu akan dimintai memasukkan ID kode penjual

Masing-masing ID outlet berbeda-beda, tergantung jenis provider. Namun, ada juga yang ID Outlet bisa digunakan untuk semua operator.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa tanya langsung dengan pemilik konter tempat kamu membeli kartu perdana.

Daftar ID Outlet Telkomsel

ID Outlet sebenarnya tergantung dari di mana kita membeli kartu perdana tersebut, entah di konter, di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain. Seperti yang sudah dijelaskan, memang ada beberapa ID Outlet yang bisa berlaku untuk semua.

Berikut ini adalah daftar ID Outlet Telkomsel dan semua operator yang bisa kamu coba:

Daftar kode penjual ID Telkomsel/Semua Operator
X0120
X1043
X1234
X1822
X8114
JB259
JB228
JB547
NF1H3
SB359
1478736
1302489
1504442
2603011445
2203009101
1303025113
2603009838
2203002168

Cara Aktivasi Kartu Perdana Menggunakan ID Outlet

Cara aktivasi kartu perdana menggunakan ID Outlet yaitu dengan mengirimkan SMS ke operator Telkomsel.

Namun sebelumnya, sebaiknya mendaftarkan nomor Telkomsel kamu menggunakan NIK dan nomor KK. Setelah itu, barulah kamu daftarkan menggunakan kode outlet/ID Outlet.

Cara registrasi ID penjual Telkomsel yaitu dengan mengirim SMS ke 1818 dengan format POSID (spasi) kode ID Outlet.

Contoh: POSID 2203002168

Setelah mengirimkan kode POSID ke 1818, nanti kamu akan mendapatkan SMS notifikasi dari 1818 bahwa nomor kartu perdana Telkomsel kamu sudah bisa digunakan.

Jika kamu mendapatkan SMS notifikasi registrasi ID Outlet gagal, kamu bisa coba memasukkan kode ID Outlet lainnya sampai dinyatakan berhasil.

Alternatif lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi konter tempat kamu membeli kartu perdana Telkomsel untuk menanyakan kode ID Outlet konter tersebut.

Biasanya saat membeli kartu perdana, kamu akan diberitahu mengenai ID Outlet. Namun bisa saja pihak konter kelupaan memberi tahu.

Catatan: Memang ada beberapa ID Outlet yang bisa digunakan untuk semua operator, namun cara registrasi ID Outlet tetap harus mengikuti cara aktivasi masing-masing kartu perdana.

Cara aktivasi ID penjual Telkomsel tentunya tidak sama dengan provider lainnya. Jadi, jangan sampai salah dan campur aduk tata cara registrasinya, ya!

Cara Cek ID Outlet Telkomsel

Ternyata, ID Outlet bisa kamu ketahui sendiri lho, khususnya bagi yang tinggal di area sekitar Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan lain-lain.

Untuk mengecek ID Outlet Telkomsel, kamu bisa melakukan panggilan ke *181# lalu pilih menu Cek ID Pos. Tunggu SMS balasan dari Telkomsel mengenai kode ID penjual kartu Telkomsel kamu.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan di postingan kali ini mengenai kode ID penjual Telkomsel dan cara aktivasinya.

Jangan sampai kamu salah persepsi kalau sudah daftar ID Outlet kamu tidak perlu registrasi kartu menggunakan nomor NIK dan KK. Kamu tetap harus registrasi sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Dengan kode ID Outlet Telkomsel yang kami berikan di atas, semoga bisa membantu kamu dalam proses registrasi ID Outlet kartu perdana Telkomsel. Jika gagal, terus coba kode ID Outlet lainnya atau jika ingin repot, silakan kunjungi konter tempat kamu membeli kartu perdana, ya! Semoga berhasil!