ID Outlet Indosat dan Cara Aktivasinya. Saat ini, setiap kita membeli kartu SIM baru, ada dua hal yang harus kita lakukan, yaitu registrasi kartu sim dengan nomor NIK dan KK dan mendaftarkan ID outlet kartu perdana tersebut.

Dua langkah registrasi ini memang lumayan ribet, tapi mau tidak mau harus dilakukan karena sifatnya wajib.

Bagi pengguna kartu sim loyal, mungkin tidak tau apa itu ID outlet karena memang hanya diperuntukan bagi kartu sim baru.

ID outlet ini dilakukan setelah registrasi kartu sim baru dengan nomor NIK dan nomor KK. Tapi tentunya kamu juga harus registrasi dengan menyantumkan data diri dengan benar, sesuai dengan kartu identitas.

Postingan kali ini akan membahas seputar ID outlet, khususnya ID outlet Indosat dan cara aktivasinya. Mengenai ID outlet provider lainnya, akan kami buat postingannya masing-masing.

Bagi pelanggan kartu sim baru Indosat, silakan simak postingan ini sampai selesai untuk tau caranya ya!

Apa itu ID Outlet Indosat?

Keharusan mendaftarkan ID outlet merupakan kebijakan paling baru pemerintah setelah registrasi kartu sim menggunakan nomor NIK dan KK. Kebijakan ini sifatnya wajib karena jika tidak, maka kartu sim baru tidak akan bisa digunakan meskipun sudah didaftarkan dengan nomor NIK dan KK.

Sebenarnya apa sih ID outlet itu? ID outlet sendiri adalah kode identitas konter atau penjual kartu perdana baru yang berisi sederetan angka atau campuran antara angka dan huruf. ID outlet tiap konter dan provider berbeda-beda.

Jadi, setiap kartu perdana baru wajib mendaftarkan ID outlet ini sesuai dengan ketetapan cara aktivasi setiap provider.

Jadi, misalnya kamu pengguna Indosat, kartu sim baru kamu harus didaftarkan sesuai dengan ketentuan aktivasi dari Indosat bukan provider Telkomsel, XL, atau provider lainnya.

Selain itu juga ID outletnya harus sesuai dengan di mana kamu membeli kartu perdana baru tersebut. Jadi, jangan sampai keliru karena registrasinya akan gagal.

Daftar ID Outlet Indosat

Seperti yang sudah dijelaskan, ID outlet sangat tergantung di mana kamu membeli kartu perdana baru tersebut, di konter pulsa dekat tempat tinggal kah atau di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

Biasanya, ID outlet akan diberikan langsung saat kita membeli kartu perdana tapi mungkin saja kelupaan atau terlewat.

Beberapa ID outlet hanya berlaku untuk provider itu saja, namun ada beberapa ID outlet yang berlaku untuk semua provider. Untuk pelanggan Indosat sendiri, berikut adalah ID outlet yang bisa digunakan:

Daftar Kode Penjual Indosat (IM3, Mentari, MATRIX)
1478736
1504442
1302489
3103825
IEG9AX
X1234

Cara Aktivasi Kartu Perdana Menggunakan ID Outlet

Cara aktivasi kartu perdana baru menggunakan ID Outlet Indosat yaitu dengan mengirimkan SMS ke 4444.

Sebelum itu silakan isi data diri dulu dengan benar sesuai dengan identitas yang ada di KTP/SIM/Paspor. Setelah itu aktivasi nomor NIK dan KK dengan format:

DAFTAR#NIK/No. KTP#No.KK, lalu kirim ke 4444

Jika registrasi melalui nomor NIK dan KK sudah berhasil dilakukan, selanjutnya registrasi ID outlet kartu perdana baru. Caranya yaitu yaitu dengan mengirim SMS ke 4444 dengan format ID(spasi)ID Outlet.

Contoh: ID 1302489

Setelah mendaftarkan ID outlet, selanjutnya tinggal tunggu SMS notifikasi dari 4444 bahwa kartu perdana Indosat baru kamu sudah berhasil diregistrasi dan bisa digunakan.

Jika kamu mendapatkan SMS notifikasi bahwa registrasi ID Outlet gagal, silakan coba dengan memasukkan ID outlet lainnya dari yang ada dalam daftar di atas.

Atau, kamu bisa langsung kembali ke konter di mana kamu membeli kartu perdana baru tersebut lalu tanyakan ID outletnya.

Jika bingung caranya, kamu juga bisa minta penjaga konter untuk membantu kamu mendaftar ID outlet kartu perdana Indosat baru kamu.

Cara Cek ID Outlet Indosat

Sebenarnya, tanpa kamu harus pusing-pusing cari tau ID outlet ke konter atau coba-coba dengan ID outlet yang belum tentu sesuai, kamu bisa cek sendiri.

Cara ini bisa dilakukan bagi yang tinggal di area sekitar Jobodetabek, Bandung, Malang, Surabaya, Yogyakarta, dan kota-kota besar lainnya.

Caranya yaitu dengan melakukan panggilan ke *777# kemudian klik OK. Selanjutnya akan muncul informasi mengenai kode penjual kartu perdana Indosat baru yang sedang kamu gunakan.

Setelah itu baru bisa kamu daftarkan sesuai dengan format aktivasi ID outlet provider Indosat.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai ID Outlet Indosat dan cara aktivasinya semoga bisa membantu pembaca sekalian yang kebingungan mengenai ID outlet ini.


5/5 (32)

Silahkan Berikan Rating

No more articles