Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak via SMS. Bagi karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, pasti memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang iurannya dibayarkan per bulan dari berapa persen gaji.

Nah, jika sudah berhenti bekerja, biasanya status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan akan dinonaktifkan, setidaknya jika perusahaan sudah tidak membayarkan lagi iuran per bulan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan atau adanya permohonan non-aktif kartu peserta.

Bagi yang sudah berhenti bekerja, terutama yang ingin mengklaim jaminan hari tua (JHT), di sini kami akan memberikan informasi bagaimana cara cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak via SMS, yaitu cara yang paling mudah dan tidak memakan waktu.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan kependekan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang memiliki payung hukum sebagai badan/organisasi untuk melindungi semua pekerja.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat jenis program jaminan sosial ketenagakerjaan, di antaranya:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja
  2. Jaminan Kematian
  3. Jaminan Hari Tua
  4. Jaminan Pensiun

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan memberikan beberapa manfaat bagi pesertanya, di antaranya yaitu:

  • Memberikan perlindungan kepada karyawan jika mengalami kecelakaan yang berhubungan dengan kerja. BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung seluruh biaya perawatan di rumah sakit
  • Mendapatkan jaminan hari tua (JHT) kepada peserta atau ahli waris ketika sudah pensiun atau tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut dengan besaran yang diakumulasikan
  • Ahli waris akan mendapatkan dana santunan sesuai ketentuan BPJS Ketenagakerjaan ketika peserta meninggal dunia atau mengalami cacat akibat kecelakaan kerja
  • Mendapatkan dana jaminan ketika mengalami PHK oleh perusahaan

Cara Mendaftar Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Jika kamu belum memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan dan ingin mendaftar menjadi pesertanya, kamu bisa langsung menghubungi bagian HRD perusahaan tempat kamu bekerja dan sampaikan keinginan kamu.

Nantinya, pihak perwakilan HRD perusahaan yang akan mendaftarkan kamu menjadi peserta dengan mengajukan permohonan kepada kantor cabang BJPS Ketenagakerjaan terdekat.

Nanti kamu akan diminta mengisi formulir khusus untuk pendaftaran peserta.

Sementara itu, jika kamu tidak sedang bekerja pada sebuah perusahaan atau bekerja secara mandiri (Self-employed), kamu bisa mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan mendatangi langsung kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di tempat tinggal kamu.

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak Via SMS

Untuk cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak via SMS, pastikan bahwa kamu memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya, siapkan juga data diri kamu sesuai dengan kartu identitas (KTP).

Sebelum cek status keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, pertama-tama lakukan pendaftaran nomor handphone dulu melalui SMS. Caranya yaitu:

  • Buka layanan SMS dari hape kamu
  • Ketik SMS dengan format DAFTAR(SPASI)SALDO#NOMOR KTP#NAMA LENGKAP#TANGGAL LAHIR (DD-MM-YYYY)#NOMOR PESERTA BPJS#Email(Optional)
  • Setelah itu, langsung kirim ke 2757

Catatan: Untuk nama lengkap peserta, pastikan untuk menggunakan huruf kapital semua tanpa spasi sesuai yang tertera pada kartu identitas. Biaya per SMS dikenakan Rp165. Yang perlu diingat, layanan ini hanya bisa diakses oleh tiga provider, yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL.

Jika tahap pendaftaran sudah berhasil, selanjutnya bisa cek status keanggotaan dengan cara:

  • Ketik SMS dengan format STATUS(Spasi)TK#Nomor BPJS
  • Setelah itu, langsung kirim ke 2757.
  • Nanti akan muncul SMS balasan dari operator
  • Jika status keanggotaan masih aktif, akan muncul informasi besaran saldo BPJS. Namun sebaliknya, jika ternyata sudah non aktif, akan muncul keterangan “tidak valid”

Jika kamu berganti nomor handphone, silakan daftarkan nomor handphone baru kamu melalui SMS dengan format DAFTAR(Spasi)GANTI(Spasi)HP#Nomor HP Lama#Nomor KTP kemudian kirim ke 2757.

Cara Mengaktifkan Peserta BPJS

Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan bisa tiba-tiba non-aktif jika perusahaan menunggak biaya iuran per bulannya.

Nah, jika kamu ingin mengaktifkan kembali BPJS Ketenagakerjaan kamu, tentunya tunggakan iuran harus segera dilunasi terlebih dulu.

Pembayaran tunggakan iuran bisa dibayarkan langsung ke kantor BPJS. Jumlah tunggakan yang harus dibayarkan disesuaikan dengan jumlah iuran per bulan dan total berapa lama tunggakan.

Misalnya, kamu menunggak selama 12 bulan dan mengikuti program kelas 2 dengan iuran per bulan Rp51.000, maka total tunggakan iuran yang harus kamu bayarkan adalah sebesar Rp612.000.

Cara Menonaktifkan Peserta BPJS

Jika kamu sudah berhenti bekerja di perusahaan dan ingin menonaktifkan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa melakukannya sendiri dengan cara online. Caranya yaitu:

  • Pertama-tama, kamu harus melaporkan ke perusahaan tempat kamu bekerja karena nanti pihak perusahaan yang akan memprosesnya
  • Setelah itu, kamu juga harus mengisi formulir penonaktifan peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setelah mengisi formulir penonaktifan, nanti perusahaan juga yang akan menggurusnya ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat
  • Kamu hanya tinggal menunggu proses penonaktifan berhasil. Untuk mengecek status kamu sudah non-aktif atau masih aktif, silakan ikuti langkah yang diberikan sebelumnya

Nah, itu tadi informasi seputar cek BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak via SMS dan bagaimana informasi bermanfaat lainnya seputar BPJS Ketenagakerjaan.

Banyak sekali manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan, jadi sangat disarankan untuk menjadi pesertanya.


5/5 (9)

Silahkan Berikan Rating

No more articles