Di zaman serba online sekarang ini, cara cek tagihan listrik tidak lagi harus datang langsung ke kantor cabang PLN dan mengantre lama.

Semua bisa dilakukan secara mudah dan cepat, asal ada smartphone dan terhubung dengan internet.

Meskipun begitu, mengecek tagihan listrik dengan cara baru ini bisa jadi terasa rumit bagi yang belum terbiasa. Apalagi jika dulu seringnya bayar dengan cara manual atau konvensional.

Karena dianggap membingungkan, banyak yang akhirnya tetap memilih cara lama.

Bagi yang merasa bingung cara cek tagihan listrik tanpa harus mengantre ke kantor PLN, di sini kami akan memberikan cara-cara mudahnya.

Ada beberapa cara untuk cek tagihan listrik, mulai dari SMS, telepon, website online, dan aplikasi.

Jenis-Jenis Penggunaan Listrik

Listrik yang sering kita gunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun bisnis pada umumnya dibedakan menjadi dua, yaitu:

Listrik Prabayar

yaitu listrik dengan menggunakan pulsa atau token listrik. Voucher pulsa ini memiliki nominal yang bisa dibeli dan harus diisi ulang sebelum pulsa benar-benar habis. Biasanya ketika pulsa listrik sudah mau habis, akan muncul bunyi beep berkali-kali sebagai tanda peringatan untuk segera isi ulang pulsa listrik

Listrik Pascabayar

yaitu listrik dengan pembayaran setelah penggunaan selama satu bulan. Jenis listrik ini muncul jauh lebih dulu dibandingkan prabayar dan banyak digunakan oleh rumah tangga.

Dari dua jenis listrik di atas, jenis listrik pascabayar lah yang bisa dilakukan pengecekan jumlah tagihan listrik per bulan.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cara cek tagihan listrik yang pertama yaitu melalui layanan SMS. Untuk pengecekan tagihan listrik bulanan melalui SMS, caranya yaitu dengan mengirimkan SMS dengan format REK (Spasi) No. ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Contoh: REK 239845681200

Jika ingin mengetahui tagihan listrik bulanan secara rutin, bisa berlangganan layanannya dengan cara ketik SMS dengan format PLN (Spasi) ON (Spasi) No. ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Contoh: PLN ON 239845681200

Biaya untuk berlangganan layanan via SMS ini akan dikenai RP500 per SMS. Biaya belum termasuk PPN 10%.

Kamu juga bisa berhenti berlangganan layanan SMS ini dengan cara ketik SMS dengan format PLN (Spasi) OFF (Spasi) No. ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Contoh: PLN OFF 239845681200

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Cara cek tagihan listrik yang kedua yaitu melalui layanan telepon. Kamu bisa mengecek tagihan listrik bulan lalu atau tunggakkan listrik selama beberapa bulan dengan menghubungi call center PLN di nomor 123.

Pastikan untuk mempersiapkan No. ID Pelanggan karena nanti akan ditanyakan oleh operator. Layanan cek tagihan listrik melalui telepon akan dikenai tarif normal. Layanan ini bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam penuh.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Website

Cara cek tagihan listrik yang ketiga yaitu melalui website yang melayani pengecekan dan pembayaran listrik secara online. Ada beberapa situs untuk mengecek tagihan listrik, salah satunya yaitu cekbill.com.

Di situs www.cekbill.com, kamu bisa mengecek informasi seputar tagihan listrik bulanan kamu sekaligus membayarnya. Untuk mengecek tagihan listrik via cekbill, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih menu Cek Tagihan Listrik PLN
  • Masukkan ID Pelanggan dan Captcha
  • Setelah itu klik pada tombol Cek Tagihan
  • Nanti akan muncul data mengenai status dan nominal tagihan listrik kamu

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi Android

Bagi pengguna ponsel Android, bisa mengecek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile yang harus didownload terlebih dahulu di Google Play Store. Setelah berhasil download aplikasinya, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Pilih menu Informasi
  • Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
  • Masukkan No. ID Pelanggan lalu klik Cari
  • Beberapa saat kemudian aplikasi akan menampilkan informasi mengenai status dan nominal tagihan listrik kamu.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi iOS

Bagi pengguna iOS, bisa melakukan pengecekan tagihan listrik secara online melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload melalui Apple Store. Jika sudah download aplikasinya, selanjutnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Masuk ke menu Informasi
  • Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
  • Masukkan No. ID Pelanggan lalu klik Cari
  • Beberapa saat kemudian akan muncul status dan nominal tagihan listrik kamu

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara cek tagihan listrik. Ada lima cara yang bisa digunakan untuk cek tagihan listrik sendiri tanpa harus datang langsung ke kantor PLN.

Dari lima cara yang disebutkan di atas, kira-kira mana yang menurut kalian paling mudah dan cepat?