Cara Cek BI Checking di SLIK OJK. Mungkin istilah BI Checking terdengar asing di telinga orang awam yang belum pernah membuat pengajuan pinjaman pada bank. Namun istilah ini sebenarnya sudah sangat umum bagi mereka yang sudah sering atau pernah mengajukan pinjaman di bank.

Bi-checking biasanya digunakan oleh pihak bank untuk mengetahui informasi terkait calon debitur.

Hal ini penting untuk mengetahui riwayat pinjaman calon debitur tersebut dan untuk menentukan apakah permohonan pengajuan pinjaman calon debitur bisa diterima.

Nah, untuk mengetahui cara cek BI checking di SLIK OJK akan kami jelaskan secara lebih jelas pada artikel kali ini untuk membantu pembaca yang mungkin belum paham betul mengenai sistem yang diterapkan oleh pihak bank ini.

Pengertian BI Checking

BI Checking merupakan layanan Sistem Informasi Debitur (SID) yang sebelumnya dikelola oleh Bank Indonesia namun wewenangnya kemudian dialihkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk lebih memudahkan.

Sistem BI Checking ini memberikan informasi terkait status kreditur calon debitur, apakah pernah mengalami kemacetan saat membayarkan kredit atau lancar.

Terhitung sejak awal tahun 2018 lalu, Bank Indonesia tidak lagi melayani SID dan mengalihkannya pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Oleh karena itu, dengan adanya perubahan ini, mereka yang ingin melakukan BI Checking bisa langsung mengecek menggunakan fasilitas SLIK yang disediakan oleh OJK. Fasilitas SLIK ini bisa dilakukan secara online dengan akses 24 jam.

Kelebihan SLIK OJK

Dibandingkan layanan sebelumnya, layanan SLIK OJK ini memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Proses pengajuan kredit lebih cepat terutama jika riwayat status kredit kamu sebelumnya bagus (bagus tidaknya status kredit ditentukan melalui sistem skor).
  • Memberikan akses yang lebih luas bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin menjadi nasabah baru. Hal ini bisa dilihat dari riwayat atau reputasi keuangan dari UMKM tersebut
  • Sistem ini secara tidak langsung membuat debitur atau calon penerima kredit akan lebih maksimal untuk menjadi reputasi pinjaman atau kredit mereka supaya memudahkan untuk melakukan pinjaman lagi di masa depan.

Pengajuan Informasi Debitur Melalui SLIK OJK

Untuk melakukan pengajuan informasi debitur melalui SLIK yang difasilitasi oleh OJK, bisa dilakukan secara perorangan maupun badan usaha, dengan cara:

  1. Perorangan

Untuk perorangan, caranya cukup mudah yaitu hanya dengan membawa fokotopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) kemudian langsung menyerahkannya kepada petugas untuk proses selanjutnya.

  1. Badan Usaha

Sementara itu, untuk badan usaha, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan untuk nantinya diserahkan kepada petugas, yaitu di antaranya:

  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Akta Pendirian Perusahaan
  • Data/dokumen perubahan anggaran dasar terakhir
  • NPWP perusahaan
  • KTP yang bertindak sebagai perwakilan perusahaan
  • Surat Kuasa dengan dilengkapi materai Rp6.000

Selain itu, bagi yang menjadi perwakilan badan usaha, siapakan juga dua hal berikut: 1). KTP Pemberi Kuasa, dan 2). KTP Penerima Kuasa

Cek BI Checking di OJK

Saat dijalankan oleh Bank Indonesia, BI Checking dapat dilakukan secara online. Namun saat layanan berubah menjadi SLIK dan ditangani oleh OJK, prosesnya saat ini hanya bisa dilakukan secara offline.

Oleh karena itu, bagi calon debitur yang ingin mengetahui informasinya, silakan langsung mengunjungi kantor cabang OJK terdekat di kotamu. Atau untuk informasi lebih jelasnya bisa hubungi dulu kantor cabang OJK yang ada di kotamu.

Alamat Kantor OJK Area Jabodetabek

Menara Radius Prawiro
Lantai 2 – Komplek Perkantoran Bank Indonesia
Jl. M.H. Thamrin No. 2
Jakarta Pusat 10350

Jam Operasional: 09.00 WIB – 15.00 WIB
Call center OJK: 157

Alamat Kantor OJK di Area Jabodetabek

Bagi kamu yang ingin mengetahui SLIK OJK dan berada di area luar Jabodetabek, kamu bisa langsung mengunjungi Gerai Pelaku Kantor Regional atau Kantor OJK Setempat. Layanan SLIK OJK sudah dijalankan di 37 kota di Indonesia.

Jika masih bingung, kamu bisa langsung menelepon Call Center OJK di nomor 157 untuk mengetahui alamat atau nomor telepon kantor cabang layanan SLIK OJK yang ada di kota kamu tinggal. Atau bisa juga langsung mengunjungi laman resmi OJK.

Tata Cara Permintaan Informasi Debitur

Untuk mengajukan permintaan informasi debitur, calon debitur bisa langsung datang ke kantor OJK dengan membawa dokumen pendukung yang sudah disebutkan sebelumnya. Setelah itu, calon debitur juga harus mengisi formulir permintaan informasi debitur.

Setelah itu, petugas OJK akan memeriksa dan meneliti formulir serta dokumen pendukung yang diserahkan oleh calon debitur bersangkutan. Jika memenuhi persyaratan, maka petugas OJK akan mencetak hasil informasi debitur.

Tahap terakhir, OJK akan melakukan konfirmasi dan memberikan hasil informasi debitur kepada pemohon yang disertai dengan tanda terima yang sudah dtandangani oleh pemohon.

Sistem Score SID Pada SLIK OJK

OJK menerapkan sistem score terhadap hasil informasi debitur yang diajukan oleh calon debitur via layanan SLIK OJK. Sistem score tersebut dibedakan berdasarkan kolektabilitas, yaitu sebagai berikut:

  • Kolektabilitas 1: kredit lancar
  • Kolektabilitas 2:  kredit dalam perhatian khusus(DPK: 90 hari)
  • Kolektabilitas 3: kredit tidak lancar (120 hari)
  • Kolektabilitas 4: kredit diragukan (180 hari)
  • Kolektabilitas 5: kredit macet (lebih dari 180 hari)

Score kolektabilitas di atas menunjukkan lancar tidaknya riwayat kredit calon debitur. Score paling bagus adalah 1 dengan kemungkinan tinggi untuk mendapatkan pinjaman dari pihak bank.

Nah, itulah tadi informasi mengenai cara cek BI Checking di SLIK OJK. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan, terutama bagi kalian yang ingin berniat mengajukan pinjaman kepada pihak bank.